Thursday 24 December 2015

MACAM-MACAM MUSIK YANG HARUS DIKETAHUI

Seni Musik berasal dari dua kata, yaitu “Seni” dan “Musik”. Seni adalah sarana untuk menghasilkan cipta, rasa dan karsa manusia. Sedangkan musik adalah hasil kreasi penglohana suara, melodi, harmoni, ritme, vokal dan tempo. Jadi, seni musik adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang diwujudkan dalam olahan suara, melodi, ritme, vokal dan tempo.
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak ada arti kata seni musik, namun terdapat kata seni suara yang memiliki artian paling dekat dari seni musik. Menurut KBBI arti seni suara adalah seni olah suara atau bunyi (nyanyian, musik, dsb).
MACAM-MACAM SENI MUSIK
1. Musik Seni
Musik Seni atau biasa disebut Musik Serius adalah suatu pengelompokkan jenis musik yang bertuju pada teori bentuk musik klasik lebih tepatnya musik klasik Eropa. Berbeda dengan musik Populer atau musik masa, jenis musik ini biasanya tidak akan cepat menghilang atau musnah oleh waktu, sehingga terus bertahan hingga sekarang.
2. Musik Klasik 

Musik klasik pada dasarnya merujuk pada musik klasik Eropa, namun terkadang ada juga musik klasik Persia, India dan lain-lain. Musik klasik Eropa terdiri dari beberapa periode, seperti barok, klasik dan romantik. Musik klasik adalah suatu istilah luas, yang mengacu pada musik yang berakar dari suatu tradisi kesenian Barat, musik kritiani dan musik orkestra, yang mencangkup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.
Musik Eropa klasik dibedakan berdasarkan bentuk musiknya, non-Eropa dan musik populer terutama pada sistem notasi musiknya. Musik ini sudah digunakan sejak abad ke-16. Para komponis sudah menggunakan notasi musik barat untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai nada, kecepatan, metrum, ritme individual dan pembawaan pada suatu karya musik.
3. Musik Jazz 

Musik Jazz adalah jenis musik yang lahir dari penggabungan musik blues, ragtime dan musik Eropa terutama musik band. Pada musik jazz banyak digunakannya alat musik gitar, trombon, piano, trompet dan saksofon. Di dalam musik jazz ada elemen penting yaitu blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi dan shuffle note.

4. Musik Gospel

Musik Gospel adalah genre yang didominasi oleh vokal dan biasanya memiliki tema kristen. Beberapa sub-genrenya adalah contemporary gospel dan urban contemporary gospel. Sebenarnya lagu jenis Gospel ini memiliki nuansa mirip Rock n Roll (karena musik Rock n Roll sebenarnya merupakan gabungan dari rock, jazz dan gospel), yang pada awalnya dikenalkan oleh orang-orang kristen kulit hitam di Amerika.

5. Musik Blues

Musik Blues berasal dari masyarakat Amerika lalu berkembang dari musik Afrika Barat. Kemudian jenis ini memengaruhi genre musik pop saat ini, termasuk juga ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and rool, country dan musik pop.

6. Musik Rhythym and Blues (R&B)

Rhythym and Blus biasa disingkat R&B ialah nama musik tradisional masyarakat Afrika yaitu musik pop kulit hitam mulai dari tahun 1940-an yang pastinya bukan jazz atau blues.
7. Musik Funk

Musik Funk adalah sebuah aliran musik yang mengandung untuk musik tarian Afrika-Amerika. Pada umumnya musik ini dapat kita kenali lewat ritme yang sering terpotong singkat, bunyi gitar ritme yang tajam, perkusi yang dominan, pengaruh jazz yang kuat, irama-irama yang dipengaruhi musik afrika. Serta kesan kegembiraan dapat didengar.
8. Musik Rock

Musik Rock meliputi hampir semua musik pop sejak awal 1950-an. Bentuk paling awal rock and roll adalah perpaduan dari berbagai genre pada akhir 1940-an. Hingga berjalannya waktu musik rock tersebar ke seluruh dunia dan pada pertengahan 1960-an beberapa grup musik inggris, contohnya The Beatles juga meniru dan akhirnya menjadi populer.
9. Musik Metalcore

Metal merupakan aliran musik yang lebih keras dibandingkan denga Rock. Genre Metal dapat dikategorikan keras dimana lagunya memiliki vocal dengan scream, growl dan yang terbaru adalah pigsqueal dimana vokal ini lebih banyak digunakan pada aliran hardcore, post-Hardcore, screamo, metalcore, deathcore, death metal, black metal, electronic hardcore dan lainnya.
10. Musik Electronic / Techno

Musik Electronic juga disebut Techno. Techno dimulai sebelum ditemukannya synthesizer, dengan tape loops dan alat musik elektronik anlog pada tahun 1950-an dan 1960-an.
11. Hip Hop / Rap / Rapcore

Musik hip hop dapat juga dianggap subgenre dari R&B. Musik ini dimulai pada awal 1970-an dan 1980-an, musik ini awalnya berkembang di pantai timur AS, kadang biasa disebut juga dengan East Coast Hip HOP. Pada sekitar tahun 1992, musik hip hop dari pantai barat juga mulai terkenal dengan nama West Coast Hip Hop. Pada jenis musik ini juga bisa dicampur dengan heavy metal menghasilkan rapcore.
12. Musik Tradisional

Musik Tradisional adalah musik yang hidup di dalam masyarakt secara turun temurun dan dipertahankan, Musik ini juga dipakai untuk pengobatan, ritual, ada juga sebagai sarana berkomunikasi anatara manusia dan penciptaanya. Hal ini menurut kepercayaan masing-masing orang saja.
13. Musik Dangdut

Musik Dangdut merupakan musik yang berasal dari Indonesia. Dangdut juga memiliki nuansa India dan Melayu. Pada awalannya, musik ini hanya dianggap kelas bawah, namun berkembangannya waktu, musik ini menjadi populer dimasyarakat dan semua kalangan ini merasakan musik dangdut tersebut, bahkan banyak musisi yang memainkan musik Dangdut ini.


Sumber : http://biftah.com/

No comments:

Post a Comment